Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Harau, Lima Puluh Kota

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Harau, Lima Puluh Kota


Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Harau, Lima Puluh Kota - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Harau, Lima Puluh Kota


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah di halaman Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Harau, Lima Puluh Kota, mudah-mudahan berguna.

0 comments