Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Toko Online Coffee Maker Di Kotamulia

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Toko Online Coffee Maker Di Kotamulia


Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Toko Online Coffee Maker Di Kotamulia - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah paham ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Toko Online Coffee Maker Di Kotamulia


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah dalam web Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Toko Online Coffee Maker Di Kotamulia, moga-moga bermanfaat.

0 comments