Khasiat Kopi Hitam – Penjual Coffee Maker Di Kute Panang, Bener Meriah

Khasiat Kopi Hitam – Penjual Coffee Maker Di Kute Panang, Bener Meriah



Khasiat Kopi Hitam – Penjual Coffee Maker Di Kute Panang, Bener Meriah - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengerti karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam – Penjual Coffee Maker Di Kute Panang, Bener Meriah


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan dalam web Khasiat Kopi Hitam – Penjual Coffee Maker Di Kute Panang, Bener Meriah, moga-moga berguna.

0 comments