Khasiat Kopi Hitam Untuk Diet – Jual Pembuat Kopi di Lendah, Kulon Progo

Khasiat Kopi Hitam Untuk Diet – Jual Pembuat Kopi di Lendah, Kulon Progo


Khasiat Kopi Hitam Untuk Diet – Jual Pembuat Kopi di Lendah, Kulon Progo - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah paham keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Diet – Jual Pembuat Kopi di Lendah, Kulon Progo


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah dalam blog Khasiat Kopi Hitam Untuk Diet – Jual Pembuat Kopi di Lendah, Kulon Progo, semoga berpengaruh.

0 comments