Khasiat Kopi Jantan – Online Shop Coffee Maker Di Lengayang, Pesisir Selatan

Khasiat Kopi Jantan – Online Shop Coffee Maker Di Lengayang, Pesisir Selatan



Khasiat Kopi Jantan – Online Shop Coffee Maker Di Lengayang, Pesisir Selatan - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan – Online Shop Coffee Maker Di Lengayang, Pesisir Selatan


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi dalam blog Khasiat Kopi Jantan – Online Shop Coffee Maker Di Lengayang, Pesisir Selatan, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments