Khasiat Kopi Jantan – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jakenan, Pati

Khasiat Kopi Jantan – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jakenan, Pati



Khasiat Kopi Jantan – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jakenan, Pati - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jakenan, Pati


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya jelas yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di blog Khasiat Kopi Jantan – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Jakenan, Pati, semoga ada manfaatnya.

0 comments