Khasiat Kopi Jantan Tradisional – Kios Mesin Coffee Maker di Kuta Panjang, Gayo Lues

Khasiat Kopi Jantan Tradisional – Kios Mesin Coffee Maker di Kuta Panjang, Gayo Lues


Khasiat Kopi Jantan Tradisional – Kios Mesin Coffee Maker di Kuta Panjang, Gayo Lues - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah mengerti karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan Tradisional – Kios Mesin Coffee Maker di Kuta Panjang, Gayo Lues


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel dalam web Khasiat Kopi Jantan Tradisional – Kios Mesin Coffee Maker di Kuta Panjang, Gayo Lues, semoga ada gunanya.

0 comments