Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Cepogo, Boyolali

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Cepogo, Boyolali



Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Cepogo, Boyolali - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah tahu karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Cepogo, Boyolali


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel dalam web Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Cepogo, Boyolali, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments