Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Online Coffee Maker di Kalumpang, Hulu Sungai Selatan

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Online Coffee Maker di Kalumpang, Hulu Sungai Selatan


Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Online Coffee Maker di Kalumpang, Hulu Sungai Selatan - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah paham keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Online Coffee Maker di Kalumpang, Hulu Sungai Selatan


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun keunikan paling jelas adalah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel dalam blog Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Toko Online Coffee Maker di Kalumpang, Hulu Sungai Selatan, moga-moga berguna.

0 comments