Khasiat Kopi Radix Himalaya – Online Shop Coffee Maker Di Kayan Hulu, Sintang

Khasiat Kopi Radix Himalaya – Online Shop Coffee Maker Di Kayan Hulu, Sintang


Khasiat Kopi Radix Himalaya – Online Shop Coffee Maker Di Kayan Hulu, Sintang - Meski makin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Himalaya – Online Shop Coffee Maker Di Kayan Hulu, Sintang


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan dalam blog Khasiat Kopi Radix Himalaya – Online Shop Coffee Maker Di Kayan Hulu, Sintang, mudah-mudahan bermakna.

0 comments