Khasiat Kopi Radix – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Cibuaya, Karawang

Khasiat Kopi Radix – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Cibuaya, Karawang



Khasiat Kopi Radix – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Cibuaya, Karawang - Biar makin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah tahu kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Cibuaya, Karawang


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling eksplisit adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel dalam web Khasiat Kopi Radix – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Cibuaya, Karawang, moga-moga bermanfaat.

0 comments