Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Toko Online Coffee Maker di Gunung Mas

Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Toko Online Coffee Maker di Gunung Mas


Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Toko Online Coffee Maker di Gunung Mas - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, area peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Toko Online Coffee Maker di Gunung Mas


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling eksplisit yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan dalam blog Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Toko Online Coffee Maker di Gunung Mas, moga-moga bermanfaat.

0 comments