Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Jenamas, Barito Selatan

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Jenamas, Barito Selatan


Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Jenamas, Barito Selatan - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengerti keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Jenamas, Barito Selatan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama.

Adapun ciri khusus paling kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel dalam blog Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Online Coffee Maker di Jenamas, Barito Selatan, semoga ada gunanya.

0 comments