Macam Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Cilincing, Jakarta Utara

Macam Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Cilincing, Jakarta Utara



Macam Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Cilincing, Jakarta Utara - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah tahu karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Cilincing, Jakarta Utara


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi di website Macam Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Cilincing, Jakarta Utara, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments