Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batang Gansal, Indragiri Hulu

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batang Gansal, Indragiri Hulu



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batang Gansal, Indragiri Hulu - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batang Gansal, Indragiri Hulu


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berlainan di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi di web Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Batang Gansal, Indragiri Hulu, mudah-mudahan bermakna.

0 comments