Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi di Tewah, Gunung Mas

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi di Tewah, Gunung Mas



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi di Tewah, Gunung Mas - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, area peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati berjenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi di Tewah, Gunung Mas


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel di blog Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi di Tewah, Gunung Mas, semoga ada gunanya.

0 comments