Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Pembuat Kopi Di Koto Besar, Dharmasraya

Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Pembuat Kopi Di Koto Besar, Dharmasraya


Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Pembuat Kopi Di Koto Besar, Dharmasraya - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Pembuat Kopi Di Koto Besar, Dharmasraya


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah di halaman Macam Rasa Kopi Gayo – Toko Online Pembuat Kopi Di Koto Besar, Dharmasraya, semoga berguna.

0 comments