Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Paniai

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Paniai



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Paniai - Walaupun makin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai tipenya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Paniai


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di beragam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan di blog Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Paniai, semoga bermanfaat.

0 comments