Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Pembuat Kopi Di Belawang, Barito Kuala

Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Pembuat Kopi Di Belawang, Barito Kuala



Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Pembuat Kopi Di Belawang, Barito Kuala - Kendati makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah mengerti kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Pembuat Kopi Di Belawang, Barito Kuala


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah di halaman Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Pembuat Kopi Di Belawang, Barito Kuala, moga-moga bermanfaat.

0 comments