Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Online Shop Pembuat Kopi di Aceh Jaya

Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Online Shop Pembuat Kopi di Aceh Jaya


Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Online Shop Pembuat Kopi di Aceh Jaya - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Online Shop Pembuat Kopi di Aceh Jaya


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan dalam blog Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Online Shop Pembuat Kopi di Aceh Jaya, moga-moga bermakna.

0 comments