Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Kios Pembuat Kopi di Cipicung, Kuningan

Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Kios Pembuat Kopi di Cipicung, Kuningan


Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Kios Pembuat Kopi di Cipicung, Kuningan - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah paham keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Kios Pembuat Kopi di Cipicung, Kuningan


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah dalam halaman Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Kios Pembuat Kopi di Cipicung, Kuningan, semoga bermakna.

0 comments