Manfaat Kopi Pak Belalang – Penjual Coffee Maker Di Labuhan Haji, Aceh Selatan

Manfaat Kopi Pak Belalang – Penjual Coffee Maker Di Labuhan Haji, Aceh Selatan



Manfaat Kopi Pak Belalang – Penjual Coffee Maker Di Labuhan Haji, Aceh Selatan - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah mengerti ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Pak Belalang – Penjual Coffee Maker Di Labuhan Haji, Aceh Selatan


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling jelas yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di blog Manfaat Kopi Pak Belalang – Penjual Coffee Maker Di Labuhan Haji, Aceh Selatan, semoga bermakna.

0 comments