Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Penjual Mesin Coffee Maker Di Semarang Barat, Semarang

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Penjual Mesin Coffee Maker Di Semarang Barat, Semarang


Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Penjual Mesin Coffee Maker Di Semarang Barat, Semarang - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua telah mengetahui karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Penjual Mesin Coffee Maker Di Semarang Barat, Semarang


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berlainan di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi informasi dalam web Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Penjual Mesin Coffee Maker Di Semarang Barat, Semarang, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments