Manfaat Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Sarirejo, Lamongan

Manfaat Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Sarirejo, Lamongan



Manfaat Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Sarirejo, Lamongan - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua telah tahu karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Sarirejo, Lamongan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun keistimewaan paling menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam website Manfaat Kopi Robusta – Kios Pembuat Kopi di Sarirejo, Lamongan, moga-moga bermakna.

0 comments