Membuat Kopi Bubuk Yang Enak – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Mesuji, OKI

Membuat Kopi Bubuk Yang Enak – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Mesuji, OKI



Membuat Kopi Bubuk Yang Enak – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Mesuji, OKI - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Bubuk Yang Enak – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Mesuji, OKI


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling gamblang yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel dalam website Membuat Kopi Bubuk Yang Enak – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Mesuji, OKI, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments