Membuat Kopi Dengan French Press – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Cingambul, Majalengka

Membuat Kopi Dengan French Press – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Cingambul, Majalengka


Membuat Kopi Dengan French Press – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Cingambul, Majalengka - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah tahu karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan French Press – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Cingambul, Majalengka


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan di web Membuat Kopi Dengan French Press – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Cingambul, Majalengka, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments