Membuat Kopi Dengan French Press – Onlineshop Coffee Maker di Margahayu, Bandung

Membuat Kopi Dengan French Press – Onlineshop Coffee Maker di Margahayu, Bandung


Membuat Kopi Dengan French Press – Onlineshop Coffee Maker di Margahayu, Bandung - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kalian semua telah paham keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan French Press – Onlineshop Coffee Maker di Margahayu, Bandung


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling jelas adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi informasi di web Membuat Kopi Dengan French Press – Onlineshop Coffee Maker di Margahayu, Bandung, semoga bermanfaat.

0 comments