Membuat Kopi Hitam Kental – Kios Mesin Pembuat Kopi di Blangpidie, Aceh Barat Daya

Membuat Kopi Hitam Kental – Kios Mesin Pembuat Kopi di Blangpidie, Aceh Barat Daya



Membuat Kopi Hitam Kental – Kios Mesin Pembuat Kopi di Blangpidie, Aceh Barat Daya - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah paham karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam Kental – Kios Mesin Pembuat Kopi di Blangpidie, Aceh Barat Daya


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun keistimewaan paling menonjol yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan dalam halaman Membuat Kopi Hitam Kental – Kios Mesin Pembuat Kopi di Blangpidie, Aceh Barat Daya, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments