Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Jual Pembuat Kopi Di Dendang, Belitung Timur

Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Jual Pembuat Kopi Di Dendang, Belitung Timur


Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Jual Pembuat Kopi Di Dendang, Belitung Timur - Kendati kian berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengerti kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Jual Pembuat Kopi Di Dendang, Belitung Timur


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel dalam web Prosedur Membuat Kopi Tubruk – Jual Pembuat Kopi Di Dendang, Belitung Timur, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments