Resep Membuat Kopi Enak – Kios Mesin Coffee Maker di Samarinda Utara, Samarinda

Resep Membuat Kopi Enak – Kios Mesin Coffee Maker di Samarinda Utara, Samarinda


Resep Membuat Kopi Enak – Kios Mesin Coffee Maker di Samarinda Utara, Samarinda - Meski semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Enak – Kios Mesin Coffee Maker di Samarinda Utara, Samarinda


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel di web Resep Membuat Kopi Enak – Kios Mesin Coffee Maker di Samarinda Utara, Samarinda, semoga berguna.

0 comments