10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Pembuat Kopi di Ambal, Kebumen

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Pembuat Kopi di Ambal, Kebumen


10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Pembuat Kopi di Ambal, Kebumen - Kendati kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah tahu karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Pembuat Kopi di Ambal, Kebumen


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel dalam website 10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Pembuat Kopi di Ambal, Kebumen, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments