Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Coffee Maker di Rao, Pasaman

Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Coffee Maker di Rao, Pasaman


Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Coffee Maker di Rao, Pasaman - Kendati makin ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah tahu keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Coffee Maker di Rao, Pasaman


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di beragam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama.

Adapun ciri khas paling mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel di halaman Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Coffee Maker di Rao, Pasaman, moga-moga berguna.

0 comments