Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Kios Mesin Coffee Maker Di Batik Nau, Bengkulu Utara

Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Kios Mesin Coffee Maker Di Batik Nau, Bengkulu Utara


Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Kios Mesin Coffee Maker Di Batik Nau, Bengkulu Utara - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah mengetahui karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Kios Mesin Coffee Maker Di Batik Nau, Bengkulu Utara


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan dalam website Cara Membuat Kopi Enak Di Rumah – Kios Mesin Coffee Maker Di Batik Nau, Bengkulu Utara, moga-moga ada gunanya.

0 comments