Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Online Coffee Maker Di Cepu, Blora

Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Online Coffee Maker Di Cepu, Blora


Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Online Coffee Maker Di Cepu, Blora - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, kendati berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah anda semua telah mengetahui kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Online Coffee Maker Di Cepu, Blora


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit.

Adapun ciri khusus paling jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi di website Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Online Coffee Maker Di Cepu, Blora, semoga berpengaruh.

0 comments