Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Pembuat Kopi di Lhoknga, Aceh Besar

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Pembuat Kopi di Lhoknga, Aceh Besar



Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Pembuat Kopi di Lhoknga, Aceh Besar - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengerti kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Pembuat Kopi di Lhoknga, Aceh Besar


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya jelas yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi informasi dalam blog Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Benar – Kios Pembuat Kopi di Lhoknga, Aceh Besar, semoga bermanfaat.

0 comments