Cara Meracik Kopi Ala Barista – Jual Mesin Coffee Maker Di Karanganyar

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Jual Mesin Coffee Maker Di Karanganyar


Cara Meracik Kopi Ala Barista – Jual Mesin Coffee Maker Di Karanganyar - Meski makin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah tahu ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Jual Mesin Coffee Maker Di Karanganyar


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di blog Cara Meracik Kopi Ala Barista – Jual Mesin Coffee Maker Di Karanganyar, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments