Cara Meracik Kopi Ala Barista – Toko Pembuat Kopi Di Sarolangun, Sarolangun

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Toko Pembuat Kopi Di Sarolangun, Sarolangun


Cara Meracik Kopi Ala Barista – Toko Pembuat Kopi Di Sarolangun, Sarolangun - Kendati makin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah tahu keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Toko Pembuat Kopi Di Sarolangun, Sarolangun


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan di website Cara Meracik Kopi Ala Barista – Toko Pembuat Kopi Di Sarolangun, Sarolangun, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments