Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker Di Besuki, Situbondo

Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker Di Besuki, Situbondo



Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker Di Besuki, Situbondo - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker Di Besuki, Situbondo


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun keistimewaan paling eksplisit adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi dalam web Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker Di Besuki, Situbondo, semoga berpengaruh.

0 comments