Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kelumbayan, Tanggamus

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kelumbayan, Tanggamus


Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kelumbayan, Tanggamus - Biar kian ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kelumbayan, Tanggamus


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah di halaman Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kelumbayan, Tanggamus, mudah-mudahan bermakna.

0 comments