Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Padang Hilir, Tebing Tinggi

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Padang Hilir, Tebing Tinggi


Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Padang Hilir, Tebing Tinggi - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari kelasnya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Padang Hilir, Tebing Tinggi


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan di web Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Padang Hilir, Tebing Tinggi, moga-moga ada gunanya.

0 comments