Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Online Pembuat Kopi di Bayongbong, Garut

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Online Pembuat Kopi di Bayongbong, Garut


Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Online Pembuat Kopi di Bayongbong, Garut - Biar makin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Online Pembuat Kopi di Bayongbong, Garut


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah dalam website Jenis Kopi Arabika Terbaik – Toko Online Pembuat Kopi di Bayongbong, Garut, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments