Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Pembuat Kopi Di Jejawi, OKI

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Pembuat Kopi Di Jejawi, OKI


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Pembuat Kopi Di Jejawi, OKI - Kendati makin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Pembuat Kopi Di Jejawi, OKI


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling jelas ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di blog Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Pembuat Kopi Di Jejawi, OKI, semoga ada manfaatnya.

0 comments