Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Pembuat Kopi di Kluet Selatan, Aceh Selatan

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Pembuat Kopi di Kluet Selatan, Aceh Selatan


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Pembuat Kopi di Kluet Selatan, Aceh Selatan - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua pernah tahu karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Pembuat Kopi di Kluet Selatan, Aceh Selatan


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit dan hama.

Adapun keunikan paling eksplisit yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam halaman Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Online Pembuat Kopi di Kluet Selatan, Aceh Selatan, mudah-mudahan berguna.

0 comments