Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi di Labuhan Deli, Deli Serdang

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi di Labuhan Deli, Deli Serdang


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi di Labuhan Deli, Deli Serdang - Meski makin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengerti keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi di Labuhan Deli, Deli Serdang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan dalam website Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Pembuat Kopi di Labuhan Deli, Deli Serdang, moga-moga bermanfaat.

0 comments