Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Ponorogo, Ponorogo

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Ponorogo, Ponorogo



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Ponorogo, Ponorogo - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah paham karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Ponorogo, Ponorogo


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel di halaman Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Ponorogo, Ponorogo, semoga bermakna.

0 comments