Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker di Ciwidey, Bandung

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker di Ciwidey, Bandung



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker di Ciwidey, Bandung - Biar kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker di Ciwidey, Bandung


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah di website Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker di Ciwidey, Bandung, moga-moga berpengaruh.

0 comments