Jenis Kopi Robusta Nusantara – Kios Mesin Coffee Maker di Sakti, Pidie

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Kios Mesin Coffee Maker di Sakti, Pidie


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Kios Mesin Coffee Maker di Sakti, Pidie - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah tahu ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Kios Mesin Coffee Maker di Sakti, Pidie


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit.

Adapun ciri khusus paling menonjol adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi di web Jenis Kopi Robusta Nusantara – Kios Mesin Coffee Maker di Sakti, Pidie, moga-moga berguna.

0 comments