Jenis Kopi Robusta Terbaik – Penjual Mesin Coffee Maker Di Sedong, Cirebon

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Penjual Mesin Coffee Maker Di Sedong, Cirebon


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Penjual Mesin Coffee Maker Di Sedong, Cirebon - Meski makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Penjual Mesin Coffee Maker Di Sedong, Cirebon


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan dalam web Jenis Kopi Robusta Terbaik – Penjual Mesin Coffee Maker Di Sedong, Cirebon, moga-moga bermanfaat.

0 comments