Jenis Kopi Toraja – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Beringin, Deli Serdang

Jenis Kopi Toraja – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Beringin, Deli Serdang


Jenis Kopi Toraja – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Beringin, Deli Serdang - Kendati kian banyak penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Toraja – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Beringin, Deli Serdang


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di website Jenis Kopi Toraja – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Beringin, Deli Serdang, semoga ada manfaatnya.

0 comments