Jenis Kopi Untuk Diet – Toko Online Coffee Maker di Bengkong, Batam

Jenis Kopi Untuk Diet – Toko Online Coffee Maker di Bengkong, Batam


Jenis Kopi Untuk Diet – Toko Online Coffee Maker di Bengkong, Batam - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengerti karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Untuk Diet – Toko Online Coffee Maker di Bengkong, Batam


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel dalam blog Jenis Kopi Untuk Diet – Toko Online Coffee Maker di Bengkong, Batam, semoga bermanfaat.

0 comments